Login

POLITEKNIK ATMI

Competentia . Conscientia . Compassio

Training Center

Sebagai institusi pendidikan yang memiliki modal kuat dalam edukasi maupun produksi, Politeknik ATMI Surakarta yang memiliki misi untuk menjadi pusat pengembangan teknologi manufaktur, mempunyai unit Training Center (TC) sebagai tempat pelatihan/ training. Pelatihan/ Training ditujukan untuk:

  1. Pelatihan kerja kepada:
    1. Staf pengajar praktek dari perguruan tinggi negeri maupun swasta
    2. Guru-guru praktek dari SMK Teknik negeri maupun swasta
    3. Karyawan dari perusahaan atau lembaga pemerintah maupun swasta
    4. Lulusan SMK Mikael yang akan bekerja
  2. Pelatihan kerja kepada lulusan SLTA yang menganggur, serta menyalurkannya ke perusahaan-perusahaan sebagai tenaga terlatih.

Seperti halnya pada pendidikan/ education di Politeknik ATMI, Training Center pun menggunakan sistem PBET (Production based Education Training).

    training-centrejadi

    Training Programms:

    Mechatronic

    Tujuan
    memberikan pengenalan, pemahaman dan pelatihan tentang peralatan dan software yang digunakan dalam teknik mekatronika meliputi: penggunaan software PLC, perawatan dan trouble shooting software dan hardware PLC, penggunaan dan pembuatan rangkaian microcontroller, membaca dan merencanakan rangkaian pneumatic, simulasi proses CNC serta perawatan mesin CNC. Paket pelatihan dapat diambil secara terpisah.

    Materi
    PLC (Programmable Logic Control)
    Basic: Pengenalan konsep PLC dan PLC Siemens, komponen, fungsi, aplikasi PLC Siemens, Sistem bilangan dan pengalamatan, Dasar pemrograman, Prosedur pembuatan program PLC Siemens, Komunikasi antara PLC Siemens dengan komputer, mengenal fungsi logika (basic), fungsi memori, fungsi timer, fungsi counter, fungsi comparator, Commisioning dan Troubleshooting. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Advance: Pengenalan konsep PLC dan PLC Siemens, Komponen, fungsi, aplikasi PLC Siemens, Sistem bilangan dan pengalamatan, Dasar pemrograman, Prosedur pembuatan program PLC Siemens, Komunikasi antara PLC Siemens dengan komputer, Mengenal fungsi logika, fungsi memori, fungsi timer, fungsi counter, fungsi comparator, fungsi aritmatik, Simulasi menggunakan Try Sim, Commisioning dan Troubleshooting. Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Maintenance & Troubleshooting: Commisioning PLC dengan hardware, Komunikasi antara PLC dengan komputer, PLC Troubleshooting. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Microcontroller
    Pengertian Microcontroller, bahasa C, simulasi software, pemrograman microcontroller (input dan output), pemrograman untuk hardware, pemrograman untuk seven segment, LED, motor stepper, keypad dan switch, interupsi dan fitur-fitur lain.Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Pneumatic
    Pengenalan pneumatic dan aplikasinya, struktur sistem penumatic, komponen, pembuatan rangkaian sederhana, rangkaian dengan satu silinder, dokumentasi dan perawatan sistem pneumatic, mengatasi sinyal konflik. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    CNC Simulation
    Simulasi Proses Turning dan Milling: dasar pemrograman, pengenalan fungsi-fungsi software, transfer program. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    CNC Maintenance dan Trouble Shooting
    Pengenalan bagian-bagian mesin CNC, jenis-jenis kerusakan dan penanganannya, skema perawatan mesin, preventive dan reactive maintenance pada mesin CNC. Durasi Pelatihan: 40 jam

    Design

    Tujuan
    memberikan pengenalan dan pemahaman dasar-dasar rekayasa bidang manufaktur. Sehingga peserta mampu membaca dan membuat gambar teknik mencapai level drafter hingga perancang mesin. Dalam program ini akan diajarkan kaidah gambar produksi pada tingkat paling dasar dengan mesin gambar manual, juga diberikan metode desian dengan menggunakan software. Selain itu juga terdapat materi tentang perancangan tool dan mold. Paket pelatihan yang ditawarkan dapat diambil secara terpisah

    Materi
    Gambar Teknik
    Teori dan Praktek menggunakan meisn gambar manual: Konstruksi geometris, gambar proyeksi, gambar potongan, toleransi dan ukuran, gambar rakitan dan produksi, gambar roda gigi, sheet metal dan pengelasan. Latihan dan praktek kompetensi. Durasi Pelatihan: 80 jam.
    Auto CAD
    Pengenalan dan pemahaman tentang dasar-dasar program dan penggunaan AutoCAD untuk membuat desain dan gambar-gambar 2D dan 3D untuk gambar detail dan rakitan. Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Catia
    Pengenalan perintah-perintah, part design, assembly, drafting, wireframe dan surface, simulasi dan kinematik rakitan, sheet metal design, core dan cavity. Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Solid Work
    Essentials: Sketching, part modelling, assembling. Durasi Pelatihan: 40 jam.
    Advanced: advanced modelling & asssembling, part analysis. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Desain Jig dan Fixture
    Pengenalan jig & fixture, prinsip dasar penopangan dan pencekaman, konstruksi dasar, fixture modular dan fleksibel. Latihan desain. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Metal Pressing dan Tool Design
    Basic: Teori pemotongan dan pembentukan plat, perhitungan gaya dan bentangan, langkah merancang punching tool sederhana. Durasi Pelatihan: 80 jam.
    Advanced: Perancangan progressive dies, tool untuk deep drawing, dan forming. Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Mold Design
    Basic: Pengetahuan bahan plastik dan bahan logam mold, perhitungan shrinkage dan clamping force, jenis-jenis mold dan elemennya, pengetahuan tentang proses injeksi, langkah desain 2 mold plates. Durasi Pelatihan: 80 jam.
    Advanced: Pengetahuan tentang special mold, langkah desain 3 mild plates, langkah desain slider mild, plastik produk desain. Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Workshop Management

    Tujuan
    memberikan pengenalan, pemahaman dan pelatihan tentang prosedur dan metode perencanaan dan pengendalian proses edukasi dengan sistem PBET dan proses produksi di dalam industri manufaktur.
    Ada dua jenis training yang diberikan yaitu: Pengelolaan lembaga pendidikan dengan sistem PBET (Production Based on Education and Training), pengelolaan bengkel produksi. Paket training di atas dapat diambil secara terpisah.

    Materi
    Workshop Management
    Production Planning & Production Control: perencanaan produksi, penentuan route produksi, schedulling dan estimasi produksi, persiapan perintah kerja, pengawasan, format dan instruksi kerja. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Production Based on Education and Training
    Konsep dasar pengembangan kurikulum Politeknik ATMI berdasarkan PBET: Deskripsi pendidikan dan pelatihan, pendekatan dan sasrana pengembangan kurikulum. Penjelasan model pendidikan teori dan praktik di Politeknik ATMI.  Durasi Pelatihan: 24 jam.

    Generate Income Activity
    Penjelasan aktivitas marketing edukasi dan produksi, pengenalan model PPIC Politeknik ATMI, mengikuti alur produksi dari perencanaan hingga pengiriman.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Plastic Technology

    Tujuan
    memberikan pemahaman tentang teknologi plastik dalam industri meliputi: pengetahuan tetntang bahan plastik dan komposit, pengetahuan tentang proses-proses pembuatan produk plastik, pengetahuan tentang pengujian dan identifikasi bahan plastik, pengetahuan dan praktik proses injection molding, perakitan dan perbaikan mold.
    Model pelatihan untuk materi 1-3 adalah seminar/ workshop, sedangkan materi 4-5 dalam bentuk teori dan praktik. Paket pelatihan dapat diambil terpisah.

    Materi
    Plastik dan Komposit
    Mengenal jenis-jenis bahan polimer: thermoplast, thermoset dan elastomer. Proses polimerisasi, sifat mekanis dan sifat thermal bahan, properti dan aplikasi beberapa bahan thermoplast dan thermoset, karakter pemrosesannya. mengenal bahan komposit: elemen pembentuk, karakter dan aplikasinya. Durasi Pelatihan: 16 jam.

    Proses Pembuatan Produk Plastik
    Mengenal jenis-jenis mesin pembuat produk plastik, fungsi, cara kerja dan bagian-bagiannya: Injection Molding, Extrusion, Blow Molding, Thermoforming, Pultrusion, Filament winding dan lain-lain. Durasi Pelatihan: 16 jam.

    Plastic Testing
    Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang identifikasi dan pengujian plastik dengan metode: Analisa Thermal (DSC, TGA, DMA), Pengujian mekanis (Tensile, Impact), Pengujian Optical, Geometri dan Toleransi (shrinkage), dll. Durasi Pelatihan: 16 jam.

    Proses Injection Molding
    Pengenalan mesin injeksi dan bagian-bagian mesin serta fungsinya. Pengetahuan tentang proses injeksi dan parameter prosesnya. Trouble shooting proses injeksi. Praktik produksi. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Mold Assembling, Repairing dan Maintenance
    Pengenalan proses pembuatan mold, jenis-jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan mold. Langkah-langkah kerja perakitan. Jenis-jenis kerusakan dan perbaikannya. Prosedur perawatan mold. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Maintenance

    Tujuan
    memberikan pengenalan, pemahaman dan pelatihan tentang dasar-dasar perbaikan dan perawatn mesin yang sesuai dengan prosedur, meliputi 2 bidang yaitu bidang kelistrikan dan mekanik.

    Materi
    Electrical Maintenance
    Pengenalan alat-alat ukur listrik, pengukuran besaran-besaran listrik, pengenalan komponen-komponen kontrol listrik, pembacaan diagram listrik dan simbol baku, metode penyambungan komponen-komponen listrik, pengenalan motor induksi 3 phase, praktek penyambungan rangkaian listrik, keselamatan kerja. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    General Maintenance
    Pengenalan jenis pelumas dan pelumasan, prinsip kerja mekanik dan perawatan, pengetahuan tentang preventif maintenance, prinsip kerja hidrolik dan perawatan. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Mechanical

    Tujuan
    memberikan pengenalan dan pemahaman pelatihan dasar-dasar keterampilan praktek kerja mekanik manufaktur. Sehingga peserta mampu menjadi operator mesin tingkat dasar hingga tingkat  mahir yang mampu menjelaskan bagian-bagian mesin dan cara merawatnya. Mampu mengoperasikan mesin secara optimal dengan metode-metode perhitungan yang benar, serta dapat mengerjakan benda-benda dengan ukuran yang presisi.

    Materi
    Bench Work
    Mengikir (filling), menandai (marking), menggergaji (sawing), memahat (chiseling), mengebor (drilling), membuat ulir (thread cutting), membengkok pipa (pipe bending), dan menekuk pelat.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Kerja Bubut Dasar
    Pengenalan mesin dan peralatannya, pemeliharaan mesin, keselamatan kerja, persiapan kerja dan pengoperasian mesin, latihan dan uji coba: bertingkat, alur, konus, ulir, kartel sphere. Praktik Kompetensi.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Kerja Frais Dasar
    Pengenalan mesin dan peralatannya, pemeliharaan mesin, keselamatan kerja, persiapan kerja dan pengoperasian mesin, latihan dan uji coba: rata, bertingkat, boring, indexing head, alur, profil. Praktik Kompetensi.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Kerja Bubut/ Frais Aplikasi Produksi
    Magang produksi terbimbing untuk mencapai sense of efficiency.  Durasi Pelatihan: 80 jam.
    Penggerindaan Alat Potong
    Pengenalan mesin gerinda alat potong dan peralatannya. Pemeliharaan mesin, keselamatan kerja, persiapan kerja dan pengoperasian mesin, latihan dan uji coba penggerindaan alat potong (pahat, mata bor, pisau frais). Praktik kompetensi.  Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Basic Welding
    Las gas acytelin, las busur listrik, las TIG.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    CNC Milling/ Turning
    Pengenalan mesin, pemrograman, setting dan operasional meisn. Latihan dan uji coba.  Durasi Pelatihan: 80 jam.

    Production Unit

    Tujuan
    memberikan pengenalan, pemahaman dan pelatihan tentang proses-proses produksi dan fabrikasi yang diberikan dalam bentuk teori dan magang pada bengkel produksi yang ada di Politeknik ATMI. Peserta pelatihan akan mendapatkan pengalaman berlatih dalam nuansa industri dan mendapatkan lebih banyak variasi masalah dan penanganan praktisnya.

    Materi
    Heat Treatment (HTM)
    Teori Metalurgi, pengenalan furnance/ oven, hardness tester dan penggunaannya, proses hardening, annealing, stress releaving, memperbaiki ductility, mengurangi tegangan dalam, jenis-jenis tool steel, cara meningkatkan kekerasan dan keausan. Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Sheet Metal Production
    Pengenalan jenis-jenis mesin fabrikasi plat, material handling, teori pemotongan dan pembentukan plat, kapasitas mesin, setting, proses produksi.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Electrical Discharged Machine
    Pengenalan proses dan mesin EDM, prinsip kerja dielektrikum, jenis-jenis proses EDM, jenis-jenis elektroda, parameter proses dan pengaruhnya, Mesin EDM CNC, EDM drill, latihan proses, perawatan mesin.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Wire Cut
    Pengertian dasar proses erosi, macam-macam proses wire cut, pengenalan mesin dan bagian-bagiannya, parameter proses dan pengaruhnya, pemrograman pada wire cut, latihan produksi.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Pembuatan Roda Gigi (Hobbing)
    Pengenalan proses dan mesin, teori tentang roda gigi, mengenal hobbing cutter, setting mesin, latihan produksi, perawatan mesin dan alat potong.  Durasi Pelatihan: 40 jam.

    Measuring Tool & Calibration
    Teori tentang: metrologi industri, alat ukur dan kalibarasi, pengenalan jenis-jenis alat ukur pada industri manufaktur, perawatan dan kalibrasi, profile proyektor, pengenalan CMM (Coordinate Measuring Machine), praktek pengukuran dan kalibrasi.  Durasi Pelatihan: 40 jam.