Login

POLITEKNIK ATMI

Competentia . Conscientia . Compassio

Teknik Mekatronika

banner_tmk

Program Studi Teknik Mekatronika dijalankan berdasarkan Ijin Penyelenggaraan SK Dirjen Dikti No. 1781/D/T/2005.

TMK

Pesatnya kemajuan industri serta meluasnya perkembangan infra-struktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam program inovatif akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa. Menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini, Politeknik ATMI mengembangkan teknologi terintegrasi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan industri di Indonesia.

Pengembangan yang direncanakan pada teknologi terintegrasi meliputi Medical Technology, CNC Technology dan Renewable Energy. Setelah teknologi tersebut berhasil dikembangkan Politeknik ATMI, kemudian akan disebar-luaskan ke industri di seluruh Indonesia melalui pelatihan yang disediakan. Teknologi ini diaplikasikan secara langsung pada program studi baru, yaitu: Teknik Mekatronika. Perumusan program tercermin pada kurikulum untuk program studi Teknik Mekatronika.

Visi Misi

Program Studi Teknik Mekatronika memiliki visi bahwa pada tahun 2015 menjadi pusat pengembangan teknologi dan pendidikan mekatronika yang mencetak tenaga profesional demi tercapainya masyarakat industri yang adil dan sejahtera.

- Mekatronika adalah bidang mekanika, elektronika, dan informatika yang dimanfaatkan oleh seluruh kalangan, baik di dunia industri manufaktur maupun masyarakat pada umumnya.

- Pusat pengembangan teknologi berarti menjadi pusat inovasi perangkat dan solusi di bidang mekatronika yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh pengguna yang membutuhkan.

- Pusat pendidikan mekatronika berarti mendidik dan melakukan transfer teknologi dan pengetahuan di bidang mekatronika yang paling aktual kepada mahasiswa.

- Tenaga profesional diartikan bahwa lulusan yang dihasilkan dari proses pendidikan memiliki kompetensi yang handal di bidang mekatronika, memiliki tanggung jawab moral atas keahlian yang dimilikinya dan bidang yang digelutinya, serta memiliki kepekaan dan kepedulian sosial kepada masyarakat dan lingkungan.

Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan tersebut, maka Program Studi Teknik Mekatronika merumuskan misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara menyeluruh dan berkesinambungan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan berbasis produksi (Production Based Education and Training/PBET) yang menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang mekatronika, memiliki kepekaan sosial, dan memiliki tanggung jawab moral yang tinggi.
  3. Membangun kerja sama dengan institusi pendidikan, pemerintah, industri, dan masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kompetensi

Program studi ini menyiapkan lulusan yang benar-benar kompeten dalam bidangnya. Dengan berbekal keterampilan dan pengetahuan dalam teknologi mekatronika, diharapkan para lulusan mampu :

  • merancang, merencanakan dan membuat perangkat kendali ( control system ) di bidang manufaktur, dengan berpedoman pada mutu ( quality ), keefektifan biaya ( cost effectiveness ) dan ketepatan waktu penyelesaian dan penyerahan ( delivery time )
  • mengetahui metode pemeliharaan dan perbaikan perangkat kendali
  • memahami teknologi Computer Numerical Control (CNC), teknologi peralatan elektronik dalam bidang kedokteran, sistem energi terbarukan ( Renewable Energy ) dan sistem kontrol
  • memiliki keahlian praktis dan teoritis di bidang mekatronik, otomasi manufaktur dan mesin-mesin CNC
  • memasang, merawat dan memperbaiki mesin-mesin manufactur CNC
  • berwirausaha

Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik ATMI Surakarta menyiapkan lulusannya benar-benar kompeten di dalam bidangnya. Dengan berbekal kemampuan dan pengetahuan diharapkan para lulusan mampu bekerja di bidang:

  • Perawatan mesin-mesin CNC, peralatan elektronik, maintenance
  • Perawatan, perbaikan dan instalasi energi terbarukan ( Renewable Energy )
  • Produksi permesinan dan otomasi industri manufaktur
  • Perancangan mekatronik
  • Maintenance Support Station Healthcare (MSSH)

Pengajar

Staf Pengajar
Pendidikan profesional program studi Teknik Mekatronika menuntut jumlah pengajar yang memadai dan keahlian yang sesuai dengan tuntutan pendidikan itu sendiri. Untuk itu Program Studi Teknik Mekatronika mengambil pengajar tetapnya dari Politeknik ATMI Surakarta yang telah belajar lebih lanjut, baik di dalam maupun luar negeri, dan beberapa tenaga lulusan dari perguruan tinggi lain yang sesuai, khususnya untuk mata kuliah humaniora. Direncanakan mereka nantinya diberi kesempatan untuk memperdalam ilmunya di dalam negeri maupun di luar negeri (Swiss, Jerman, Belanda, Singapura) untuk jangka pendek (non formal) maupun jangka panjang (formal).

Gelar dan Kurikulum

Gelar Kelulusan dan Status Akademik

Mahasiswa yang telah menyelesaikan studi dan lulus ujian baik praktik maupun teori, dengan memenuhi segala ketentuan yang berlaku berhak menyandang gelar professional ahli madya (D3) di bidang Teknik Mekatronika.

Kurikulum

Kurikulum Politeknik ATMI Surakarta terdiri dari : 33 % kuliah Teori dan 67 % kuliah praktek yang diselenggarakan dalam 6 (enam) semester atau dalam 3 (tiga) tingkat dan mempergunakan sistem paket dengan gugur tingkat.
Kualifikasi Diploma-3 Teknik Mekatronika, disiapkan untuk mampu merancang, merencanakan dan membuat perangkat kendali servomekanis pada bidang manufaktur, dengan berpedoman pada mutu ( quality ), keefektifan biaya ( cost effektiveness ) dan ketepatan penyelesaian serta penyerahan ( delivery ) dan mengetahui metode pemeliharaan dan perbaikan perangkat kendali. Disamping itu, lulusan memahami etika profesi dan makna kerjasama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan kesehatan kerja

Lulusan Program Studi Teknik Mekatronika sangat dibutuhkan di industri manufaktur,technical support untuk sektor service. Bisa juga sebagai supervisor dan tenaga ahli untuk sistem manufaktur di bidang disain dan rekayasa. Tidak menutup kemungkinan untuk tingkat manager bagi lulusan Teknik Mekatronika. Dengan target pembelajaran di Politeknik ATMI, terbuka peluang bagi lulusan Teknik Mekatronika menjadi tenaga ahli di bidang teknologi CNC dan Medical Equipment

Kelompok Teknologi/ Technological Skills

1. Perancangan Mekatronika (design)Mekanik Teknik 1; Matematika 1,2,3; Gambar Teknik Mesin; Fisika Dasar; Teknik Listrik dan Elektronika; Mekanika Teknik Bahan; Gambar Teknik; Teknik CNC; Ilmu Kekuatan; Elektro Teknik Lanjutan; Elektronika Lanjutan; Digital Teknik 1,2; Teknik Kendali 1,2; Pneumatic Hydroulic; CAD; Teknik Pengerak (Elektro Daya); PLC; Sensorik; Sistem Desain Mekatronika; Manajemen Produk dan Perancangan

2.Perancangan Pembuatan ( planning )
Teknik Manufaktur
Teknik Pengukuran

3.Proses Pembautan ( production ) Praktik Kerja Basic
Praktik Kerja Applied
Praktik Kerja Advanced

4.Pemeliharaan-perawatan Praktik Perawatan dan Reparasi
Perawatan dan Reparasi

5.Material ( material engineering )
Ilmu Bahan

6.Mutu ( quality )
Awareness ISO 9001

Kemampuan Humaniora ( Humanistic Skill )

Kemampuan komunikasi ( Communication Skills)
Bhs Inggris 1,2,3
LKTD

Kemampuan Komputer
Teknik Komputer 1
Teknik Pemrograman

Kemampuan berbudaya ( Cultural Skills)
Etika Dasar
Etika Sosial
Pendidikan Pancasila

Kemampuan bekerjasama ( Teamwork Skills )
Supervisi/ assesor

Kemampuan Wirausaha /Business Skills
Kemampuan Berwirausaha ( Enterpreneurship )
Manajemen Bengkel
Kewirausahaan

Fasilitas, Lab dan Mesin

Fasilitas

Sarana dan prasarana pendidikan yang berupa ruang kuliah dan praktikum disiapkan di kampus Politeknik ATMI Karangasem dan Politeknik ATMI Intercamp ( Jl Adisucipto ), yang terdiri dari Laboratorium praktikum sebagai berikut :

Laboratorium Tingkat 1
Praktik Gambar Teknik Dasar
Praktik Kerja Bangku
Praktik Kerja Bubut Dasar
Praktik Kerja Milling Dasar
Praktik Kerja Gerinda Dasar
Praktik Kerja Listrik Dan Elektronika


Laboratorium Tingkat 2
Praktik Elektroteknik Lanjutan
Praktik Digital 1
Praktik Kerja Bubut Produksi
Praktik Kerja Frasi Produksi
Praktik PLC Dasar
Praktik Pemrograman Mikrokontroler
Praktik Perawatan Dasar
Praktik CNC Programing
Praktik CAD

Laboratorium Tingkat 3
Praktik kerja mesin CNC
Praktik CATIA
Praktik Digital Teknik 2
Praktik Teknik Pengerak
Praktik PLC Lanjutan
Praktik Perawatan Lanjutan
Praktik Teknik Kendali
Lab Produksi Mekatronika